The Chain Of Kindness ( Rantai Kebaikan )

Minggu, April 18, 2010



The Chain Of Kindness ( Rantai Kebaikan )





Secara matematis, 1 + 1 = 2; 2 + 2 = 4;  4 : 2 = 2. Namun beda hal nya dengan teori “chain of kindness” yang baru saja kutemukan dalam benakku beberapa waktu lalu J. Memang teori2 an yang kutemukan ini mungkn belum terbukti secara ilmiah hihihii, tapi pengalaman lah yang memberikan ku  inspirasi akan teori ini.

Rantai kebaikan,
setiap kebaikan yang kita berikan / lakukan terhadap orang lain, tentunya memberi harapan kepada kita agar kita mendapatkan perlakuan yang sama juga. Namun hal ini belum tentu terjadi, kebaikan yang kita beri belum tentu juga dibalas dengan kebaikan, Memang benar, kita tidak seharusnya mengharapakan imbalan atas perbuatan yang kita “lakukan” tapi tak bisa dipungkiri pasti ada rasa ingin balas budi. Hal ini lah yang meruntuhkan perhitungan matematis 1 + 1=2; 2 + 2 = 4, kontradiksi dengan chain of kindness apa yang kita beri belum tentu berlipat ganda, bisa saja berkurang bahkan tidak ada sama sekali. Tapi dari penjelasan di atas hendaknya ketika kita berbuat baik jangan lah mengharapakan balas budi karena ketika kita mengharapkan balas budi atas apa yang kita lakukan terhadapa orang lain, secara tidak langsung kadar kebaikan yang kita berikan akan kian menipis hingga akhirnya habis.

Sulit memang menerima kenyataan ketika hal baik yang kita lakukan justru memberikan “petaka“ atas apa yang kita lakukan itu. Namun satu hal yang perlu kita pegang teguh, berbuat baik kepada sesama suatu saat nanti kan memberikan sesuatu yang jauh lebih baik lagi tidak dari orang yang sama namun dari orang orang di luar sana yang kelak mengenal pribadi kita. Belajarlah untuk bisa membagikan kebahagian dan kebaikan bahkan kesedihan sekalipun  kepada orang lain, walau kadang apa yang kita bagikan itu membuat kita terpuruk dan jatuh. Karna orang yang senantiasa  memberi dan berbagi jauh lebih mulia akan orang yang selalu menerima. Satu keyakinan dalam diri kita bahwa kebaikan yang kita lakukan akan merangkaikan sebuah rantai yang kian kuat yang kian saling menyimpul hingga membentuk sebuah siklus kebaikan yang akan kita terima dari setiap hal baik yang kita lakukan.

Pertanyaan : Apakah saya atau anda sudah mampu  “berbuat baik” dan menerima segala konsekuensinya ?? jawabnya tentu saja tidak !!! hihihhiih.. hanya pribadi kita yang bisa menjawab.


Mungkin  tuangan  pemikiran ku ini aneh, tak bermutu dan tak berguna buat kalian, tapi buat ku,  belajar untuk mempelajari kehidupkan akan mengajarkan kita bagaiama untuk belajar dan menhadapi hidup

3 komentar:

 
Max Journal Blog © 2012 | Designed by Bubble Shooter, in collaboration with Reseller Hosting , Forum Jual Beli and Business Solutions