Tips Belanja Online

Kamis, Januari 12, 2012


Tidak dipungkiri internet telah mempermudah segala kegiatan termasuk transaksi belanja. Cukup dengan memasukkan nomor kartu kredit, viola barang akan sampai ke rumah anda. Tapi perlu diingat, tidak semudah itu dalam hal bertransaksi online. Banyak hal yang harus diperhatikan sehingga transaksi anda aman dan bebas dari segala bentuk penipuan. Karena begitu banyak penipuan yang beredar di internet dan korbannya pun tak tanggung-tanggung jumlahnya. Anda tidak ingin punya masalah yang sama bukan?
Berikut tips belanja online yang harus anda ingat.
1.    Teliti merchant
Lakukan transaksi dengan e-commerce atau online store yang memiliki reputasi yang baik dari customer dan mencantumkan alamat serta nomor telepon yang dapat dihubungi.

2.    Memiliki Sertifikat SSL
Belanja pada situs yang menjamin keamanan dalam bertransaksi. Dengan memiliki sertifikat ini berarti situs tersebut menggunakan server yang aman.

3.    Mengetahui Terms and Service
Sebelum anda memasukkan nomor kredit, anda harus cek dan re-cek mengenai kebijakan dari situs tersebut. Apakah ada jaminan uang kembali atau tidak.

4. Phishing
Hati-hati dengan penawaran yang masuk ke inbox e-mail anda. Ciri khas phishing ini adalah mereka menawarkan produk-produk terkini dengan harga yang terlalu rendah. Tujuan utama mereka adalah mencoba untuk mendapatkan informasi sensitif seperti username, password dan rincian kartu kredit anda dengan menyamar sebagai merchant terpercaya.




4 komentar:

  1. nice artikel gan, bener kalo mau aman sih, hehehe

    Blogwalking ya dari cantikalayanti.blogspot.com , follow balik ya gan, thanks

    BalasHapus
  2. jalan-jalan ke blog teman2,, ahhh,,,,

    http://toploker.blogspot.com

    BalasHapus
  3. makasih banyak ya gan buat infonya.....

    BalasHapus

 
Max Journal Blog © 2012 | Designed by Bubble Shooter, in collaboration with Reseller Hosting , Forum Jual Beli and Business Solutions