Apa itu CAPTCHA ??

Selasa, November 24, 2009

Mungkin buat kita para SOCIAL BUTTERFLY, sign in di berbagai situs jaringan social atau jenis situs/blog lain merupkan hal biasa, sampai sampai karna terlalu banyak sign in, kita lupa web apa saja yang telah ktia ikuti dan tak jarang juga kalau kita serasa baru pertama kali sign in di suatu situs, ternyata kita telah memiliki account. :D.

Beberapa tahun terahir, proses registrasi dan interaksi aplikasi web di berbagai situs mengalami perubahan, tak seperti dahulu kala :D. Saat ini setiap kali akan mendaftar, atau melakukan interaksi dengan apliaksi di suatu situs kita disuguhi dengan angka angka dan huruf huruf yang kadang sangat membingungkan, bentuk ukuran yang berbeda dan agak “aneh” cukup membuat kita memutar otak..hehe. Proses sign in dengan metode ini dikenal dengan CAPTCHA.
Apa CAPTCHA ?? Mengapa harus melalui proses ini ?? Apa tujuan nya ??




CAPTCHA sebenarnya merupakan singkatan dari "Completely Automated Public Turing test to tell Computers and Humans Apart". Sesuai namanya, CAPTCHA adalah tes yang dihasilkan komputer yang bertujuan untuk memisahkan bot (program otomatis) dari sebuah hidup, bernapas manusia secara online. The "Turing" mengacu pada Alan Turing, seorang ilmuwan komputer yang, pada 1950-an,yang telah melakukan penelitian untuk membedakan seorang pria dari sebuah mesin.

CAPTCHA biasanya melibatkan sebuah komputer yang 'menyajikan' sebuah teka-teki (hal ini biasanya melibatkan jumlah dan / atau huruf kombinasi) bahwa seorang pengguna telah memasukkan ke dalam kotak yang ditunjuk untuk melanjutkan proses apapun denga CAPTCHA sebagai penjaganya. Walaupun komputer dapat menghasilkan tes, hanya orang yang dapat memecahkan teka-teki grafik dan memasukan tanggapan yang tepat untuk “lulus ujian”.

Konseptualisasi
Walaupun kebanyakan orang mengasosiasikan CAPTCHA dengan proses pendaftaran di berbagai website, sistem ini awalnya direncanakan untuk dijadikan sarana untuk mencegah sistem otomatis atau "bots" dari Alta Vista yang memuat mesin pencari dengan URL atau Uniform Resource Locators.
Awalnya, sebelum Google dan Yahoo, ada dua cara untuk mendapatkan situs atau URL yang tercantum di database mesin pencari internet, melalui web crawler yang secara otomatis 'berselancar' bersih untuk URL atau melalui pendaftaran URL.
Untuk mencegah mesin pencari tidak dipenuhi dengan URL yang diposting oleh sistem otomatis, yang berarti harus ditemukan untuk memastikan bahwa entitas melakukan listing adalah seorang manusia, yang menyebabkan perkembangan grafis teka-teki sebagai ujian.
Pada tahun 2000, Yahoo meminta Carnegie Mellon University untuk menciptakan sarana untuk mencegah infiltrasi para bot dari ruang chatting. Sebuah tim yang terdiri dari peneliti Carnegie Mellon mengembangkan serangkaian teka-teki kognitif dan menyebutnya 'CAPTCHA. "Meskipun Yahoo adalah yang pertam menggunakan CAPTCHA, yang lain segera menyusul.
Hari ini, CAPTCHA digunakan untuk mencegah posting otomatis ke blog atau forum, jajak pendapat untuk menghentikan spamming, untuk melindungi informasi yang disimpan di perbankan online situs, dll

semoga bermanfaat
Keep support each other





0 comments:

Poskan Komentar

 
Max Journal Blog © 2012 | Designed by Bubble Shooter, in collaboration with Reseller Hosting , Forum Jual Beli and Business Solutions