GENERASI MUSIK ETNIK BATAK DARI TUROHA

Jumat, November 20, 2009

Alunan distorsi gitar rock, tabuhan drum, dentuman bas sudah menjadi trend bagi para pencinta musik, khusus nya bagi anda "anak muda" ( klu aq kan dah tua..ck..ck.. ). Genre Hardrock ala Netral, POP/Alternative ala Peterpan, Rock'n Roll 80' ala Changcuter dan The Banery, Gothic Romantik ala Pemakaman=TPU alias Kuburan dan banyak genre musik yang sangat berkembang significant saat ini, Musikalitas Anak muda Indonesia emng sangat tinggii, ga heran klu skarang anak di bawah umur juga udah punya Band yang Exiest meramaikan industi musik...he...he..Cman bermodalkan Kunci C-Am-DM-ke G sudah mampu menghibur pendengaran kita...ha..ha..cman bermodalkan liryk "5" kata sudah cukup menghentakkan kaki kita..ck..ck..enak to, mantap yo..ayo mau kemana ??..ck..ck..ck...


Klu hapal lirik lagu hits Indonesia ot baratlengkip dengan nadanya mah udah biasa atuh..ck..ck., tapi ada yang ingat ama nada nya lagu Hatasopisik, Si Bunga Ri, Gondang Elek-Elek ga ?? Boro-boro nadanya pernah dengar aja nggak !!ha..ha...Katanya Orang Batak, sering ikut pesta adat masa ga tau ??he.. ai na macam mana do ?? (gimana sich=batak )


Sekitar 2 tahun yang lalu saya juga sangat "hijau" mengenai musik batak, malahan ga pernah terpikir untuk dengarin musik batak, sekarang juga masih hijau sih , tapi minimal hijau nya udah berubah dikit..ha..ha..Berawal dari Memasuki Dunia kampus dan Ajakan seorang teman/abang yang tergabung didalam sebuah Organisasi/UKM di kampus bernama UKKSU ( Unit Kesenian dan Kebudayaan Sumatra Utara ) saya pun ikut bergabung, Awalnya emng sangat membingungkan ketika melihat beberapa alat musik Batak yang ada di Sekre ( sebutan untuk Sekretariat UKKSU ) Ada benda berwujud tabung, besi berwujud lempengan, bilah kayu yang di ikat, gitar kecil..he..he..ngeliat nya aja dah bingung gimana maeninya..he..Abang yang mengajak saya, menyarankan untuk mempelajari alat musik "Garantung" dengan alasan teknik bermain nya ada kemiripan dengan bermain piano, mengingat saya bisa bermain piano dengan seadanya..he..he.., alat musik batak ada beberapa jenis diantaranya yang sampai sekarang masih saya tau,

* Gondang/Tagading (gendang)
* Gong ( ya Gong..he..)
* Kecapi (Hasapi) 
* Garantung ( alat musik dari bilah kayu yang disusun menjdi tangga nada, yang dimainkan dengan cara dipukul) 
* Sarunei ( serunai, alat musik tiup mirip dengan Serulim )DAN * Sulim ( Seruling )
disamping itu ada ada juga Gitar dan Botolist ( Pengetuk Botol ) hehehe

Mungkin bagi kita bermain gitar, bas, keyboard, drum mah udah biasa,..lewat lah..tapi ketika belajar alat musik batak, emang agak sulitlah (he..he..) feel nya harus dapat..he..menyatukan harmoni tiap alat musik, tempo dan sebagainya. tapi kata orang Ala bisa karna biasa, dengan etiap minggu latihan akhirnya bisa juga maen Garantung dengan seadanya juga..ha..ha..beberapa minggu latihan, dengan kesepakatan anggota kami bersetuju untuk membuat nama Group Musik, setelah melaui argument yang sangat alot (ha...ha..)akhitnya kami memutuskan memberi nama "TUROHA" yang klu diartikan "KE HATI" musik yang berasal dan ditujukan untuk hati..lebih kurangnya demikian lah. adapaun yang menjadi personail tim ini yaitu :







-TUROHA Group dan Tim Penari UKKSU IT Telkom-




Cowo Berdiri, dari Kiri ke Kanan

* Alfonisius '06(Gong)
* Max Raja Purba '07 ( Garantung)
* LeoSimamora '06(Sulim)
* Bernad '07( Tim Penari)
* Domu ( Tim Penari)
* Adnan Sipayung '07( Tim Penari )
* Ronny "08 ( Gendang )
* Jefri Simorangkir '07( Husapi/Kecapi) 


Cewe Berdiri Kiri ke Kanan

* Vera Sirait "07 ( Tim Penari)
* Ida "07 ( Tim Penari)
* Ina "07 ( Tim Penari )
* Bertha "07 ( Tim Penari )
* Madellla "07 (Tim penari )


Cowo Duduk KIRI ke KANAN

* Yusuf (kisut) Siahaan '07(Tim penari/Vokal)
* Raja Pangaribuan "08( Gong)
* Jan Piter "07( Gitar)
* Rianto Silalahi "08 ( Sulim)
* Juwindar Simanjuntak'08 ( Garantung ) Gaikut Fotoan..he...


06' 07' 08 menandakan angkatan masuk Kuliah di It Telkom, Angktan 08 disebut sebagai "TUROHA JUNIOR" dan Angkatan 06, 07' ke atas disebut "TUROHA SENIOR" hal ini bukan berarti adanya gab perangkatan tapi merupakan langkah yang dilakukan untuk proses regenerasi .

Latihan yang rutin kami lakukan tiap minggu merupakan persiapan untuk acara yang akan dielenggarakan UKKSU IT TELKOM maupun Kampus, Acara tersebut diantaranya :


Dies Natalis UKKSU, merupkan acara tahunan untuk merayakan hari jadi UKKSU yang jatuh pda bulan Mei. Acara ini menampilkan pagelaran kebudayaan khusunya Budaya Sumatra Utara, dan juga berkolaborasi dengan UKM daerah lain seperti dari daerah Bali ( UKM Bali ) Djawa ( UKM Djawa ), Sunda (SWS ), Betawi ( UKB ), Sulawesi ( UKMS ), Aceh, Padang, dan daerah lainya. dalam acara ini ditampilkan tarian daerah,fashion show, parodi, lagu lagu dri sumatra utara, dan Musik etnik sumatra utara, disamping itu juga berkolaborasi dengan musik dan tarian daerah lain yang dipadukan menjadi sebuah musik atau tarian kolaborasi. Pada acara ini juga ada part yang menampilakn seni modern seperti dance dan musik yang dipadukan dengan budaya etnik, menjadi suguhan yang menarik bagi para penonton. Acara Dies Natalis ini juga selalu mengundang Artis asal Sumaera utara yang telah menjadi selebritis Indonesia, seperti pada tahun-tahun seblumnya Acara Dies mengundang Margareth mamia, Bona Idonesia Idol..dll.. Acara Dies natalis UKKSU IT Telkom merupakan salah satu acara yang ditunggu-tungu setiap tahunnya oleh semua mahasiswa IT Telkom baik etnis batak atau Non Batak



KNSU ( Kemilau Nuansa Sumatra Utara ), acara ini diselenggarakan oleh UKKSU IT telkom dalam kurun waktu 4 tahun sekali,Acara ini tidah berbeda jauh engan Dies natalis, hanya saja skalanya lebih besar, karena sebelum hari "H" ada penyelenggaran beberapa acara lain seperti perlombaan yang ditujukan kepada mahasiswa dan UMUM, baik dalam bentuk Vocal Group, paduan suara, Fashion show dan sebgainya. Disamping acara perlombaan tsbt sebelum hari "H' juga di adakan Pameran Kebudayaan meliputi gallery Foto, pakaian adat, "makanan" khas batak, kerajinan sumatera utara dan hal2 ynag berhubungan dengan kebudayaan Sumatera Utara. pada hari "H" acara yang dilakuakn hampir sma dengan acara dies natalis, selain pengumuman hasil pemenang tiap perlomba.




Pesona Budaya, merupakan pagelaran budaya yang diselenggarakan oleh IT Telkom sebagai ajang untuk menampilkan setiap kebudayaan daerah yang ada di IT Telkom, Acara ini diperlombakan antar tiap daerah. Acaranya antara lain, Fashion Show baju tradisional tiap daerah, Tarian dan Musik tiap daerah,. Acara Pesona budaya ini baru saja terlenggara di IT Telkom.

Disamping tampil pada acara-acara Intern Kampus, Dalam beberapa kesempatan kami juga pernah diundang di beberapa acara yang sampai saat ini masih berada disekitaran Bandung, acara-acara yang tersebut antara lain :


*Sebagai Pemusik pada Perayaan Natal Pemuda/i GKPS (Gereja Kristen Protestan Simalungun) Bandung Timur, Pada acara ini TUROHA dipercayakan sebagai pemusik pada acara Kebaktian dan Perayaan. Dengan Nuansa Musik Batak membawakan beberapa lagu Bertemakan Natal, daik dalam dalam bahasa Indonesia, batak Simalungun Maupun Bahasa Inggris. Penampilan ini merupakan penampilan pertama yang kami lakukan di luar kampus dan pada kesempatan ini juga kami Bemain dengan FULL Team. Overall cara nya berjalan dengan baik.



*Pengisi acara pada Acara Dies Natalis Politeknik Bandung, pada acara ini kami hanya membawa kan satu lagu yang berjudul " Alusiau". dalam kesempatan ini alat musik kami gunakan hanya beberap saja, yaitu Gondang/Tagading + Back Vocal ( Nobel Sitorus ) Akkustic Gitar Lead ( Jefri Simorangkir ) Gitar Rtyhm ( Jan Piter ) Bas ( Max Raja Purba ), Marudut Sibue (aru) dan Yusuf Siahaan (Kisut ) di Vocal Acara ini mengukir sejarah baru buat saya (ck..ck..ck..) karna pertama kali belajar bermain bas langsung performance dalm sebuah acara. (he..he.:nekad mode on:) Overall i memang performance kami kurang maksimal, ada beberapa ( beberapa atau beberapa ..he..) kesalahan di dalam lagu yang dibawakan, mungkin krn persiapan yang kurang maksimal dan beberapa hal. Tapi walupun demikian Kesempatan ini kami manfaatkan sebagai pengalaman tampil di depan banyak orang membawakan sebuah penampilan budaya batak. KArena bukan hal yang mudah untuk dapat tampil di depan ratusan orang.



*Pengisi acara pada Perayaan Natal Universitas Kristen Maranatha Bandung, dengan membawakan sebuah lagu Batak yang berjudul "Nomensen" TUROHA tampil dengan formasi : Marudut Sibuea(Vocal) Leo Simamora ( Sulim ) Leo Simaora ( Sulim ), Jefri Simorangkir ( Husapi ), Max Raja Purba ( Gitar Rhytm), Alfonsius ( Gong). Mungkin dari tiap penampilan personaiil TUROHA sering ganti posisi, hal ini krn pada setiap penampilan ga semua Personil bisa ikut, berhubung karna masih anaq kuliah..he..he.., mungkin ada tugas, praktikum, presentasi dan sebagainya..he...he....karena Anak" TUROHA berprinsip tetap mengutamakan KULIAH... seperti ketika latihan kami sering bilang "Jangan sampai terganggu Turoha ini gara-gara KULIAH"..lho..lho..kebalik ya ???.ha..ha...guyonan kami saat latihan di Sekre. Untuk Penampilan pada acara ini cukup baik lah, tapi harus tetap latihan dengan lebih serius lgi.



Participant pada PDKT ( Pengenalan Dunia Kampus Telekomunikasi IT Telkom) , merupakan event yang diselenggarakan oleh kampus untuk mengenalkan UKm daerah yang ada di lingkungan akademi IT Telkom, apda kesempatan ini kami tampil dengan tim penari, dan penampilan diselingi juga dengan penampilan dari UKM daerah lainnya, seperti BALI, PADANG,Sulawesi, Djawa, betawi dsb.



Pengisi Acara pada Pentas Budaya KMP3D ( DAIRI ) pada kesempatan ini kami diundang untuk membawakan 2 tarian asal sumatera utara yakni hatasopisik (batak toba) dan Haroan Bolon ( batak simalungun) acara ini dimeriahkan oleh penampilan bang Tongam Sirait.


Disamping event event di atas mash abnyak acra yang telah Turoha ikuti, termasuk acara Rutin yang diadakan Oelh UKkSU dan di Intern kampus

Demikian antusias kami akan Musik Etnict Batak, meskipun dengan kemampuan musik yang mungkin masih terbatas, kami berusaha untuk tetap belajar lebih banyak mengenai musik Batak, Bukan berarti kami adalah orang yang tidak mneyenangi lagu lagu (moedern ) Hits Indonesia ,justru sebenarnya semua Angota Tim basic nya dari Music Modern semua !! he..he.., Terkadang musik Hits Indonesia/Barat yang bertenger di Top Chart lagu, juga menjadi salah satu kulik lagu yang kami di Konversikan ke alunan etnick batak !! he...kebayang Ngga lagu "Tak gendongya" Mbah Surip And I'm Yours nya J'Mraz diringi oleh suara etnict Tagading, Husapi Gong dan garantung ?? he..he..Pada Intinya Musik Modern dan Etnict batak sangatlah menarik dan menghibur, tapi sebagai Bangsa BAtak yang mencintai tanah kelahiran dan budayanya, Minimal kita mengetahui sedikit banyak ttg Musik ettnic batak khususnya dan Budaya sumatera utara Umumnya.

H.o.r.a.s

keep Support each other





2 komentar:

 
Max Journal Blog © 2012 | Designed by Bubble Shooter, in collaboration with Reseller Hosting , Forum Jual Beli and Business Solutions